Minggu, 15 Maret 2009

BAB VI, KESIMPULAN DAN SARAN, Pengaruh Kehadiran Suami Terhadap Proses Persalinan Normal

BAB VI
KESIMPULAN DAN SARAN
6.1. Kesimpulan
Setelah dilakukan penelitian Pengaruh Kehadiran Suami Terhadap Proses Persalinan Normal pada Ibu yang di rawat di Rumah Sakit Umum mitra Sejati Medan 2009. Maka dapat di kumpulkan.
1. Berdasarkan pendidikan respondan pengaruh kehadiran suami terhadap percepatan proses persalinan normal yang tertinggi adalah () sebanyak () responden ( %).
2. Berdasarkan Umur responden tentang pengaruh kehadiran suami terhadap proses percepatan persalinan normal yaitu yang tertinggi adalah umur () sebanyak () responden ( %).
3. Berdasarkan pekerjaan responden tentang pengaruh kehadiran suami tentang proses percepatan persalinan normal yaitu yang tertinggi adalah () sebanyak () responden ( %).
4. Berdasarkan ibu merasa tidak diperhatikan dengan suami responden tentang pengaruh kehadiran suami tentang percepatan proses persalinan normal yaitu yang tertinggi adalah sebanyak (6) responden ( %).
5. Berdasarkan ibu merasa kesakitan yang berlebih pada anggota tubuh, suami ada di samping ibu tentang pengaruh kehadiran suami terhadap proses percepatan persalinan normal yaitu yang tertinggi adalah sebanyak (9) responden ( %).

6.2. Saran
Adapun saran yang perlu peneliti ungkapkan adalah :
a. Bagi Suami
Disarankan bagi Suami agar dapat mendampingi istri pada saat istri persalinan normal, agar lebih diperhatikan keadaan Ibu, serta memberikan dukungan, semangat, agar dapat mengurangi rasa sakit yang dirasakan oleh Ibu dan dapat menjadikan ibu lebih tenang.
b. Bagi Pelayanan Kesehatan
 Disarankan bagi pihak Rumah Sakit agar dapat menyampaikan informasi / punyuluhan pengaruh kehadiran suami terhadap proses percepatan persalinan normal akan terganggu apabila hal tersebut tidak dijalankan dengan baik.
 Diharapkan bagi pihak Rumah Sakit dapat memberi pelayanan yang cukup baik dengan klien.
c. Bagi penelitian Selanjutnya
Untuk mengembangkan ilmu pengetahuan khususnya bidang kesehatan / keperawatan dalam meneliti, agar pada peneliti selanjutnya di fokuskan pada standart pengaruh kehadiran suami terhadap proses percepatan persalinan normal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kalau udah di baca beri komentar ya....