Minggu, 15 Maret 2009

ABSTRAK, gambaran pengetahuan ibu terhadap tablet zat besi pada ibu hamil

ABSTRAK
Zat besi adalah salah satu mineral penting yang diperlukan selama kehamilan,
Untuk memenuhi kebutuhan akan zat besi selama hamil, ibu harus mengkonsumsi zat besi sekitar 45-40 mg sehari. Kebutuhan ini dapat terpenuhi dari makanan yang kaya akan zat besi, seperti daging berwarna merah, hati, kunign elur, sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, tempe, roti, dan sereal.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pengetahuan ibu terhadap tablet zat besi pada ibu hamil Di Klinik Kasih Ibu Desa Durian Kec. Delitua.Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan besar sampel 20 orang dan tehnik pengambilan sampel adalah dengan cara accidental sampling. Penelitian ini dilakukan sejak bulan februari sampai awal maret 2009.Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner.
Kerangka konsep penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengetahuan terhadap pemberian tablet zat besi dengan anemia pada ibu hamil di klinik kasih ibu Deli tua
Berdasarkan hasil penelitian diproleh bahwa gambaran pengetahuan terhadap pemberian tablet zat besi dengan kategori hasil yang cukup sebanyak 2 orang (10%) sedangkan yang kurang baik sebanyak 18 orang (90%).
Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa umur dan pendidikkan dapat mempengaruhi kesehatan.


Kata kunci : Pengetahuan, tablet zat besi.

1 komentar:

kalau udah di baca beri komentar ya....