BAB I
PENDAHULUAN
A . LATAR BELAKANG
Diare hingga kini masih merupakan penyebab utama kesakitan dan kematian pada bayi dan anak-anak. Saat ini morbiditas (angka kesakitan) diare di Indonesia mencapai 195 per 1000 penduduk dan angka ini merupakan yang tertinggi di antara negara-negara di Asean (kalbe.co.id). Diare juga masih merupakan masalah kesehatan yang penting di Indonesia. Walaupun angka mortalitasnya telah menurun tajam, tetapi angka morbiditas masih cukup tinggi Penanganan diare yang dilakukan secara baik selama ini membuat angka kematian akibat diare dalam 20 tahun terakhir menurun tajam. Walaupun angka kematian sudah menurun tetapi angka kesakitan masih cukup tinggi. Lama diare serta frekuensi diare pada penderita akut belum dapat diturunkan (lisa ira 2002).
Diare merupakan keadaan dimana seseorang menderita mencret-mencret, tinjanya encer,dapat bercampur darah dan lendir kadang disertai muntah-muntah. Sehingga diare dapat menyebabkan cairan tubuh terkuras keluar melalui tinja. Bila penderita diare banyak sekali kehilangan cairan tubuh maka hal ini dapat menyebabkan kematian terutama pada bayi dan anak-anak usia di bawah lima tahun (Ummuauliya. 2008).
Dampak negatif penyakit diare pada bayi dan anak-anak antara lain adalah menghambat proses tumbuh kembang anak yang pada akhirnya dapat menurunkan kualitas hidup anak. Penyakit diare di masyarakat (Indonesia) lebih dikenal dengan istilah "Muntaber". Penyakit ini mempunyai konotasi yang mengerikan serta menimbulkan kecemasan dan kepanikan warga masyarakat karena bila tidak segera diobati, dalam waktu singkat (± 48 jam) penderita akan meninggal (Triatmodjo. 2008).
Diare dapat terjadi sebagai efek samping dari penggunaan obat terutama antibiotik. Selain itu, bahan-bahan pemanis buatan seperti sorbitol dan manitol yang ada dalam permen karet serta produk-produk bebas gula lainnya menimbulkan diare. Hal ini terjadi pada anak-anak dan dewasa muda yang memiliki daya tahan tubuh yang lemah. Orang tua berperan besar dalam menentukan penyebab anak terkena diare. Bayi dan balita yang masih menyusui dengan ASI eksklusif umxumnya jarang diare karena tidak terkontaminasi dari luar. Namun, susu formula dan makanan pendamping ASI dapat terkontaminasi bakteri dan virus (Medicastor 2006).
Kematian bayi di Indonesia sangat tinggi. Bahkan di seluruh dunia, Indonesia menduduki rangking keenam dengan angka kejadian sekitar 6 juta bayi yang mati pertahunnya. Kasus kematian bayi di Indonesia ini, menurut Dr. Soedjatmiko (2008), kematian bayi di Indonesia disebabkan oleh penyakit diare. Untuk mendiagnosis diare, maka pemeriksaan antigen secara langsung dari tinja mempunyai nilai sensitifitas cukup tinggi (70-90%), tetapi biaya pemeriksaan cukup mahal (Kompas.com 2008).
Proporsi diare akut rotavirus selama 1 tahun penelitian di Indonesia adalah 56,5 % dengan 95 % CI 51,3 - 61, 6%. Hasil ini sama dengan penelitian-penelitian di luar negeri sebelumnya, antara lain Rodriquez (1974-1975) dan Pickering. (1978-1979) mendapatkan angka kejadian 47% dan 59%, sedangkan di Indonesia penelitian Yorva (tahun 1998) mendapatkan angka 50% hampir sama dengan penelitian ini dan sama dengan negara maju. Hasil ini memprediksi adanya perbaikan hygiene dan sanitasi kita. Kasus diare rotavirus merata sepanjang tahun, sedangkan kasus diare non rotavirus dan diare keseluruhan meningkat pada musim kemarau, tetapi tidak ada trend menurut musim. Keadaan ini berkaitan dengan cara penularan diare non rotavirus yang water borne dan melalui tangan mulut, sedangkan diare rotavirus selain ditularkan secara fekal oral, diduga ditularkan juga melalui droplet saluran napas (Unair. 2008).
Data Departemen Kesehatan RI menunjukkan 5.051 kasus diare sepanjang tahun 2005 lalu di 12 provinsi. Jumlah ini meningkat drastis dibandingkan dengan jumlah pasien diare pada tahun sebelumnya, yaitu sebanyak 1.436 orang. Di awal tahun 2006, tercatat 2.159 orang di Jakarta yang dirawat di rumah sakit akibat menderita diare. “Melihat data tersebut dan kenyataan bahwa masih banyak kasus diare yang tidak terlaporkan, departemen kesehatan menganggap diare merupakan isu prioritas kesehatan di tingkat lokal dan nasional karena punya dampak besar pada kesehatan mayarakat (Depkes RI 2008).
Komplikasi diare yang sering terjadi adalah dehidrasi (ringan sedang, berat, hipotonik,isotonik atau hipertonik), renjatan hipovolemik, hipokalemia (dengan gejala meteorismus, hipotoni otot, lemah, bradikardia, perubahan elektrokardiogram), hipoglikemia, intoleransi sekunder akibat kerusakan vili mukosa usus dan defisiensi enzim laktosa, kejang terjadi juga pada dehidrasi hipertonik dan juga malnutrisi energi protein (akibat muntah dan diare, jika lama atau kronik). Komplikasi yang jarang terjadi adalah kerusakan saraf, persendian atau jantung, dan kadang-kadang usus yang berlubang. Dorongan yang kuat selama proses buang air besar, menyebabkan sebagian selaput lendir usus keluar melalui lubang dubur (Ummualya. 2008).
Sigelosis bisa menyebabkan penurunan kesadaran, kejang dan koma dengan sedikit bahkan tanpa diare. Infeksi ini akan berakibat fatal dalam 12-24 jam. Infeksi bakteri lain bisa menyertai sigelosis, terutama pada penderita yang mengalami dehidrasi dan kelemahan. Terbentuknya luka di usus karena sigelosis bisa menyebabkan kehilangan darah yang berat. Penyebab- diare sangat penting untuk diketahui. Dokter tidak dapat meresepkan obat tanpa mengetaui penyebab diare (wordpress 2008).
Berdasar metaanalisis di seluruh dunia, setiap anak minimal mengalami diare satu kali setiap tahun. Dari setiap lima pasien anak yang datang karena diare, satu di antaranya akibat rotavirus. Kemudian, dari 60 anak yang dirawat di rumah sakit akibat diare satu di antaranya juga karena rotavirus. Di Indonesia, sebagian besar diare pada bayi dan anak disebabkan oleh infeksi rotavirus. Bakteri dan parasit juga dapat menyebabkan diare. Organisme-organisme ini mengganggu proses penyerapan makanan di usus halus. Dampaknya makanan tidak dicerna kemudian segera masuk ke usus besar (handwashing 2006). Penyakit diare menjadi penyebab utama nomor dua kematian pada anak usia 6 bulan hingga 2 tahun. Penyebabnya, pemberian antibiotik saja (cpd.dokter 2008).
Penyebab diare pada balita lebih beragam. Bisa karena infeksi bakteri, virus, dan amuba. Bisa jadi juga akibat salah mengonsumsi makanan. Protein susu sapi merupakan bahan makanan terbanyak penyebab diare. Makanan lain penyebab timbulnya alergi ialah ikan, telur, dan bahan pewarna atau pengawet (melanicyber 2008)
Berdasarkan penelitian-penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa banyak faktor yang mempengaruhi kejadian diare akut pada balita. Faktor-faktor tersebut diantaranya adalah faktor lingkungan dan keadaan sosial ekonomi. Faktor-faktor tersebut merupakan faktor yang berasal dari luar dan dapat diperbaiki, sehingga dengan memperbaiki faktor resiko tersebut diharapkan dapat menekan angka kesakitan dan kematian diare pada balita.
Latar belakang di atas menjadi dasar bagi peneliti untuk mengetahui Tingkat pengetahuan ibu tentang diare pada balita di wilayah kerja puskesmas Delitua. Berdasarkan latar belakang di atas maka peneliti tertarik untuk mengetahui Tingkat pengetahuan ibu tentang diare pada balita di wilayah kerja puskesmas Delitua.
B. PERUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang di atas, maka hal yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Tingkat pengetahuan ibu tentang diare pada balita di wilayah kerja Puskesmas Delitua Tahun 2009.
C. TUJUAN PENELITIAN
Untuk mengetahui Tingkat pengetahuan Ibu tentang diare pada balita di wilayah kerja puskesmas Delitua Tahun 2009.
D.MANFAAT PENELITIAN
1. Hasil penelitian ini menyediakan informasi bagi masyarakat tentang penyakit diare yang terjadi pada balita.
2. Sebagai masukan bagi mahasiswa yang akan melakukan penelitian selanjutnya tentang diare pada balita.
3. Sebagai bahan masukan bagi perawat rumah sakit khusus di ruang anak dengan penyakit diare.
4. Sebagai sumber pengetahuan bagi tenaga kesehatan khususnya bagi perawat dalam meningkatkan asuhan keperawatan terutama pada penyakit diare.
5. Hasil penelitian ini merupakan sumber data dasar bagi penelitian selanjutnya yang berkaitan dengan penyakit diare pada balita.
BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
A. PENGETAHUAN
1. Pengertian
Pengetahuan adalah hasil tahu dari manusia dan ini terjadi setelah orang melakukan pengindraan terhadap suatu objek tertentu. Pengindraan terjadii memalui panca indra manusia yakni indra penglihatan, pendengaran, penawaran rasa, dan peraba. Sebagian besar pengetahuan manusia diperoleh melalui mata dan telinga. Pengetahuan atau kognitif merupakan domain yang sangat penting dalam membentuk tindakan seseorang (over behavior) ( Sukidjo .N. A, 1960).
B. Tingkatkan pengetahuan
Menurut Notoatmojo (1993), Pengetahuan mempunyai tingkatan yaitu :
a. Tahu (know)
Tahu diartikan sebagai mengingat suatu materi yang telah dipelajari sebelumnya. Termasuk pengetahuan tingkat ini adalah mengingat kembali terhadap sesuatu yang spesifik dari seluruh bahan dipelajari atau rangsangan yang telah diterima. Oleh sebab itu tahu merupakan tingkat pengetahuan yang paling rendah. Kata kerja untuk mengukur bahwa orang tahu apa yang dipelajari antara lain menyebutkan, mendefinisikan menyatakan dan sebagainya. Contoh dapat menyebutkan tanda – tanda kekurangan kalori dan protein pada anak balita.
b. Memahami diartikan sebagai suatu kemampuan untuk menjelaskan secara benar tentang objek yang diketahui. Dan dapat menginterpertasikan materi tersebut secara benar. Orang yang telah paham terhadap objek materi harus dapat menjelaskan, menyebutkan contoh, menyimpulkan, meramalkan dan sebagainya. Contoh dapat menjelaskan mengapa kita harus makan – makanan yang bergizi.
c. Aplikasi (Application)
Aplikasi diartikan sebagai kemampuan untuk menggunakan materi yang telah dipelajari pada situasi atau kondisi real (sebenarnya). Aplikasi disini dapat diartikan sebagai aplikasi atau kegunaan hukum – hukum, rumus, metode, prinsip dan sebagainya dalam kontek atau situasi yang lain. Contohnya dapat menggunakan prinsip – prinsip, siklus pemecahan masalah, dari kasus yang diberi.
d. Analisis (Analysis)
Adalah suatu harapan untuk menjabarkan suatu materi atau objek dalam komponen – komponen tetapi masih dalam struktur organisasi tersebut dan masih ada kaitanya dengan yang lain. Kemampuan analisa ini dapat dilihat dari penggunaan kata kerja seperti dapat menggambarkan, membedakan, memisahkan, mengelompokkan, dan sebagainya.
e. Sintesis
Sintesis menunjukan kepada suatu kemampuan untuk menghubungkan bagian – bagian dalam suatu bentuk keseluruhan yang baru. Dengan kata lain sintesis adalah kemampuan kemampuan untuk menyusun, merencanakan, meningkatkan, menyesuaikan dan sebagainya terhadap suatu teori atau rumusan yang telah ada.
f. Evaluasi
Evaluasi dikaitkan dengan kemampuan – kemampuan untuk melakukan identifikasi atau menilai penilaian terhadap suatu materi atau suatu objek, penilaian – penilaian ini berdasarkan kriteria yang telah ditentukan sendiri atau menggunakan kriteria tak ada.
C. Pengertian Diare Pada Balita
1. Defenisi Balita
Balita adalah bayi yang berumur dibawah 5 tahun atau masih kecil yang perlu tempat bergantung pada seorang dewasa yang mempunyai kekutan untuk mandiri dengan usaha anak balita yang tumbuh.
2. Tahap-Tahap Pertumbuhan dan Perkembangan
a. Masa neoratus : usia 0 – 28 hari
• Masa neonatal dini : 0 – 7 hari
• Masa neonatal lanjut : 8 – 20 hari
• Masa pasca neonatal : 29 hari – 1 tahun
b. Masa bayi : usia 0 – 1 tahun
• Masa bayi dini : 0 – 1 tahun
• Masa bayi akhir : 1 – 2 tahun
c. Masa pra sekolah (usia 2 – 6 tahun)
• Pra sekolah awal (masa balita) : mulai 2 – 3 tahun
• Pra sekolah akhir : mulai 4 – 6 tahun
d. Masa neonatal
Pada masa ini terjadi adaptasi pada lingkungan perubahan sirkulasi darah serta mulai berfungsi organ-organ tubuh. Saat lahir berat badan normal dari bayi yang sehat berkisar antara 3000-3500 gr, tinggi badan sekitar 350 gr, selama 10 hari pertama biasanya terdapat penurunan berat badan sekitar 10 % dari berat badan lahir, kemudian berat badan bayi akan berangsur-angsur mengalami kenaikan. (Soetjeningsih, 2003)
D. Diare
1.ePengrtian Diare
a. Diare merupakan suatu keadaan pengeluaran tinja yang tidak normal atau tidak seperti biasanya, ditandai dengan peningkatan volume, keenceran serta frekuensi lebih dari 3 kali sehari dan pada neonatus lebih dari 4 kali sehari dengan atau tanpa lendir darah. (Aziz, 2006).
b. Diare dapat juga didefenisikan sebagai suatu kondisi dimana terjadi perubahan dalam kepadatan dan karakter tinja, atau tinja cair dikeluarkan tiga kali atau lebih perhari. (Ramaiah, 2002).
c. Diare merupakan salah satu gejala dari penyakit pada sistem gastrointestinal atau penyakit lain diluar saluran pencernaan. (Ngastiyah, 2003).
1. Patogenesis
Mekanisme dasar yang menyebabkab timbulnya diare ialah :
1. Gangguan osmotik
Akibat terdapatnya makanan atau zat yang tidak dapat diserap akan menyebabkan tekanan osmotik dalam rongga usus meninggi sehingga terjadi pergeseran air dan elektrolik ke dalam rongga usus.
2. Gangguan sekresi
Akibat rangsangan tertentu (misalnya toksin) pada dinding usus akan terjadi peningkatan sekresi air dan elektrolik ke dalam rongga usus dan selanjutnya timbul diare karena terdapat peningkatan isi rongga usus.
3. Gangguan motilitis usus
Hiperperistaltik akan mengakibatkan berkurangnya kesempatan usus untuk menyerap makanan sehingga timbul diare. Sebaliknya bila peristaltik usus menurun akan mengakibatkan bakteri timbul berlebihan, selanjutnya timbul diare pula.
2. Patofisiologi
Sebagai akibat diare baik akut maupun kronik akan terjadi :
1. Kehilangan air dan elektrolit (terjadi dehidrasi) yang mengakibatkan gangguan keseimbangan asam basa (asidosis metabolik, hipokalemia)
2. Gangguan gizi akibat kelaparan (masukan kurang, pengeluaran bertambah)
3. Hipoglikemia
4. Gangguan sirkulasi darah (Ngastiyah, 2003).
3. Tanda dan Gejala (gambaran klinis)
Mula-mula pasien cengeng, gelisah, suhu tubuh biasanya meningkat, nafsu makan berkurang atau tak ada, kemudian timbul diare, tinja cair, mungkin disertai lendir atau lendir dan darah. Warna tinja makin lama berubah berubah kehijauan karena bercampur dengan empedu. Anus dan daerah sekitarnya timbul lecet karenna sering defeksi dan tinja makin lama makin asam sebagai akibat makin banyak asam laktat yang berasal dari laktosa yang tidak diabsorsi oleh usus selama diare. (Ngastiyah, 2003)
E. Gejala-Gejala Dehidrasi
1. Dehidrasi ringan
• Meningkatnya rasa haus
• Kegelisahan atau rewel
• Menurunnya elastisitas kulit
• Mulut dan lidah yang kering
• Mata yang kering karena tidak adanya air mata
• Mata yang cekung
2. Dehidrasi berat
• Tangan dan kaki yang dingin dan lembab
• Anak yang terlihat lemah, tidak sadar, atau lemas
• Ketidakmampuan untuk minum
• Hilagnnya elastisitas kulit secara sepenuhnya
• Tidak ada air mata
• Lapisan lendir yang sangat kering pada mulut
• Pengurangan volume air seni yang parah atau tidak adanya air seni (Ramaiah,2002)
Kehilangan cairan menurut derajat dehidrasi pada anak di bawah dua tahun
Derajat Dehidrasi PWL MWL CWL Jumlah
Ringan 50 100 25 175
Sedang 75 100 25 200
Berat 125 200 25 350
Kehilangan cairan menurut derajat dehidrasi pada anak berumur 2-5 tahun
Derajat Dehidrasi PWL MWL CWL Jumlah
Ringan 13 80 25 135
Sedang 50 80 25 155
Berat 80 80 25 185
Kehilangan cairan pada dehidrasi berat menurut berat badan pasien dan umur
Berat Badan Umur PWL MWL CWL Jumlah
0-3 Kg 0-1 bulan 150 125 25 300
3-10 1 bln – 2 thn 125 100 25 250
10-15 2-5 thn 100 80 25 205
15-25 5-10 thn 80 25 25 130
(Ngastiyah 2003)
Keterangan :
PWL : Cairan yang hilang karena muntah
NWL : Cairan hilang melalui urine, kulit, pernapasan
CWL : Cairan hilang karena muntah hebat
3. Komplikasi Diare
Komplikasi lain yang kadang kala timbul mencakup :
1. Gangguan pada keseimbangan elektrolit normal dalam tubuh
Elektrolit adalah zat-zat kimia yang ketika mencair atau larut dalam air atau cairan lainnya memecah menjadi partikel-partikel (ion) dan mampu membawa aliran listrik.
2. Kelumpuhan ileus (Paralytic ileus)
Ini adalah suatu kondisi dimana terjadi pengurangan atau tidak adanya gerakan usus. Kondisi ini dapat terjadi akibat pembedahan, cedera pada dinding perut, sakit ginjal yang parah, atau penyakit parah lainnya
3. Septi semia
Ini adalah suatu kondisi dimana terdapat infeksi pada seluruh bagian tubuh. Kondisi ini biasanya menyusul adanya infeksi disalah satu bagian tubuh, yang dari sana bakteri pergi ke berbagai bagian tubuh lain melalui darah.
4. Komplikasi darah seperti koagulasi intra vaskuler terdiseminasi
Jika ada penyakit atau cidera parah apapun, darah cenderung membentuk suatu massa semi padat atau gumpalan darah didalam pembuluh darah (Ramaiah 2002).
4. Faktro Penyebab Diare
1. Faktor infeksi
a. Infeksi enteral : infeksi saluran pencernaan makanan yang merupakan penyebab utama diare pada anak meliputi infeksi enternal sebagai berikut :
- Infeksi bakteri : vibrio, E. Coli, Salmonella, Stigella, Campilobacter, Yersinia, Aeromonas dan sebagainya.
- Infeksi Virus : Entrovirus (Virus Echo, Coxsackie, Poliomielitis)
- Infeksi parasit : cacing (Ascaris, Trichuris, Oxyuris, Strongyloides)
b. Infeksi parental ialah infeksi diluar alat pencernaan makanan seperti : otitis media akut (OMA), tonsilitis / tonsilofaringis, bronkopneumonia, ensefalitis dan sebagainya
2. Faktor Malabsorsi
Malabsorsi karbohidrat disakarida
3. Faktor makanan, makanan basi, beracun, alergi terhadap makanan
4. Faktor psikologis, rasa takut dan cemas (Jarang, tetapi dapat terjadi pada anak yang lebih besar) (Ngastiyah 2003).
5. Faktor-Faktor yang Meningkatkan Resiko Diare
1. Faktor lingkungan
• Pasokan air tidak memadai
• Air terkontaminasi tinja
• Fasilitas kebersihan kurang
• Kebersihan pribadi buruk, misalnya tidak mencuci tangan setelah buang air
• Kebersihan rumah buruk. Misalnya tidak membuang tinja anaak di WC
• Metode penyiapan dan penyimpanan makanan tidak higienes . Misalnya makanan dimasak tanpa dicuci terlebih dahulu atau tidak menutup makanan yang telah dimasak.
2. Praktik penyapihan yang buruk
• Pemberian susu eksklusif dihentikan sebelum bayi berusia 4-6 bulan dan melalui pemberian susu melalui botol
• Berhenti menyusui sebelum anak berusia setahun
3. Faktor individu
• Kurang gizi
• Buruk atau kurangnya mekanisme pertahanan alami tubuh. Misalnya, diare lebih lajim terjadi pada anak-anak, baik yang mengidap campak atau yang mengalami campak.
4. Produksi asam lambung berkurang
5. Gerakan pada usus berkurang yang memengaruhi aliran makanan yang normal (Savitri 2002).
6. Pencegahan Diare
• Beri ASI eksklusif sampai empat atau enam bulan dan teruskan menyusui sampai setidaknya setahun.
• Hindari pemberian susu botol.Setelah usia 4-6 bulan, berikan makanan yang bergizi, bersih dan aman untuk mulai menyapih.
• Gunakan makanan matang yang baru dimasak untuk memberi makan anak-anak.
• Bersihkan wadah yang digunakan untuk mengumpulkan dan menyimpan air minum setiap hari.
• Jika anda tidak yakin tentang kualitas air minum, rebuslah selama 10 menit dan tutuplah serta simpanlah dalam wadah yang sama.
• Hindari kontak antara tangan dan air minum ketika menyajikannya
• Cucilah tangan dengan sabun dibawah air yang mengalir sebelum memberi makan anak, memasak, setelah pergi ke WC atau membersihkan anak.
• Buanglah tinja yang dikeluarkan anak dalam WC segera mungkin.
• Segeralah cuci baju yang terkena tinja anak dengan air hangat.
• Berikan imunisasi campak kepada akan pada usia sembilan bulan karena resiko diare parah dan malnutrisi yang mengikutinya lebih tinggi. Setelah infeksi campak.
• Pastikan bahwa daerah dimana anak bermain atau merangkak tetap bersih. Cucilah mainan yang anak mainkan secara teratur.
7. Cara Pemberian Cairan dalam Terapi Dehidrasi
a. Belum ada dehidrasi
Peroal sebanyak anak mau minum (ad libitum) atau 1 gelas tiap defekasi.
b. Dehidrasi ringan
1 jam pertama : 25-50 ml / kg BB peroral (intragastrik), selanjutnya : 125 ml / Kg BB / hari ad libitum.
c. Dehidrasi berat
Untuk anak umur 1 bulan – 2 tahun berat badan 3 – 10 kg.
1 jam pertama :
40 ml / kg BB / jam = 10 tetes / kg BB / menit (set infus berukuran 1 ml = 15 tetes) atau 13 tetes / kg BB / menit (Set infus 1 ml = 20 tetes).
7 Jam berikutnya :
12 ml / kg BB / Jam = 3 tetes / kg / BB / menit (Set infus berukuran 1 ml = 15
tetes) atau 4 tetes / kg / BB / menit (set infus 1 ml = 20 tetes).
16 jam berikutnya :
125 ml / kg BB oralit peroral atau intragastrik. Bila anak tidak mau minum dapat diteruskan dengan DG 11 intravena 2 tetes / kg / BB / menit (1 ml = 15 tetes) atau 3 tetes / Kg / BB / menit. (1 ml = 20 tetes) (Ngastiyah 2003).
8. Pengobatan untuk diare
a. Obat anti sekresi
Asetosal dosis 25 mg / tahun dengan dosis minimun 30 mg klorpromazin. Dosis 0,5 – 1 mg / kg BB / hari
b. Obat spasmolitik
Umumnya obat spasmolitik seperti papverim, ekstrak beladora, opium loperamid tidak digunakan untuk mengatasi diare akut lagi.
c. Antibiotik
Umumnya antibiotik tidak diberikan bila tidak ada penyebab yang jelas. Bila penyebab kolera, diberikan tetrasiklin 25-50 mg / KG / BB / hari. Antibiotik juga diberikan bila terdapat penyakit penyerta seperti : OMA, faringitis, bronkitis atau bronkopneumonia (Ngastiyah 2003).
BAB III
KERANGKA PENELITIAN
A. Kerangka Konsep
Kerangka konsep dalam penelitian ini dijabarkan dengan menggunakan skema tentang Tingkat pengetahuan ibu tentang diare pada balita.
Dari konsep diatas penulis dapat menyatakan sebagai berikut :
B. Defenisi Konseptual dan Operasional
1. Defenisi Konseptual
a. Pengetahuan
1. Pengertian pengetahuan
Pengetahuan adalah hasil tahu dari manusia dan ini terjadi setelah orang melakukan pengindraan terhadap suatu objek tertentu. Pengindraan terjadii memalui panca indra manusia yakni indra penglihatan, pendengaran, penawaran rasa, dan peraba. Sebagian besar pengetahuan manusia diperoleh melalui mata
dan telinga. Pengetahuan atau kognitif merupakan domain yang sangat penting dalam membentuk tindakan seseorang (over behavior) ( Sukidjo .N. A, 1960).
b.IBU
1. Pengertian ibu
Ibu adalah orang yang ingin melihat, menyentuh, dan merawat anaknya dengan di bantu staf perawat yang ramah.
2. Defenisi operasional
a. pengetahuan
Pengetahuan adalah hasil pikiran manusia yang terjadi pada statu objek atau benda tertentu.
b. Ibu
Ibu adalah oarang yang menjaga dan merawat kita sampai tumbuh dewasa dengab kasih dan sayangnya.
BAB IV
METODOLOGI PENELITIAN
A. Desain Penelitian
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif tipikal, yang bertujuan untuk mengetahui Tingkat pengetahuan ibu tentang diare pada balita di wilayah kerja puskesmas Delitua Tahun 2009.
B. Populasi dan Sampel
1. Populasi
Populasi adalah keseluruhan objek penelitian atau objek yang diteliti, populasi pada penelitian ini adalah seluruh ibu yang mempunyai anak balita di wilayah kerja puskesmas Delitua Tahun 2009 yang berjumlah 50 orang (Notoadmojo,2005).
2. Sampel
Sampel yang di gunakan dalam penelitian ini adalah quota sampling yaitu sebagian yang di ambil dari keseluruhan objek yang di telita dan di anggap mewakili populasi. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah sebagian ibu yang memiliki anak yang menderita sakit diare di wilayah kerja puskesmas delitua Tahun 2009 yang berjumlah 20 orang (Notoadmojo,2005).
C. Lokasi dan Waktu Penelitian
1. Lokasi
Penelitian akan dilakukan di wilayah kerja puskesmas delitua tahun 2009.
2. Waktu Penelitian
Penelitian ini akan dilaksanakan di bulan Desember 2008 sampai dengan februari tahun 2009.
D. Etika penelitian
Dalam penelitian ini mendapat rekomondasi dari Ka.prodi Ilmu Keperawatan DELIHUSADA Delitua, setelah di setujui oleh pembimbing I dan II selaku pembimbing penelitian. Kemudia permintaan secara tertulis ke puskesmas delitua.
Kemudian penelitian akan dilakukan dengan memperhatikan masalah etika antara lain sebagai berikut:
1. (informed consent) saat pengambilan sampel terlebih dahulu peneliti meminta izin kepada responden secara lisan atas kesediannya menjadi responden
2. Anonymity (tanpa nama) pada lembaran persetujuan maupun lembar pertanyaan wawancara tidak akan menuliskan nama responden tetapi hanya dengan memberi simbol saja.
3. Confidentiality (kerahasiaan) pembenaran informasi oleh responden dan semua data yang terkumpul akan menjadi koleksi pribadi, dan tidak akan di sebarluaskan kepada orang lain tanpa seizin reponden.
E. Pengumpulan Data
Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuisioner dan terlebih dahulu diberi penjelasan singkat kepada responden tentang kuisioner dan hal-hal yang tidak dimengerti responden, kuesioner yang di buat terdiri dari 15 pertanyaan dalam bentuk pertanyaan tertutup.
F. Instrumen
Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah kuisioner yang berisi pertanyan. Kuesioner adalah suatu alat pengumpulan data mengenai suatu masalah yang umumnya banyak menyangkut kepentingan umum / orang banyak (Notoadmojo 2002). Kuesioner yang dibuat terdiri dari 15 pertanyaan dalam bentuk pertanyaan tertutup. Penilaian dengan menggunakan Skala LIKERT dengan pilihan jawaban,
a. Sangat baik
b. Baik
c. Cukup baik
d. Kurang baik.
Untuk pilihan jawaban dapat di beri skor sebagai berikut:
1. untuk pilihan jawaban A. di beri nilai 4
2. untuk pilihan jawaban B diberi nilai 3
3. untuk pilihan jawaban C di beri nilai 2
4. untuk pilihan jawaban D di beri nilai 1
G. Pengolahan data
Data yang dikumpulkan diolah dengan langkah-langkah sebagai berikut :
a. Editing
Editing adalah dilakukan pengecekan kelengkapan data yang terkumpul, bila terdapat kesalahan atau kekurangan dalam pengumpulan data, dapat diperbaiki dengan memeriksa dan dilakukan pendataan ulang.
b. Coding
Coding adalah hasil jawaban dari setiap pertanyaan diberi kode dengan petunjuk.
c. Tabulating
Tabulating adalah untuk mempermudah analisa data dimasukkan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi.
H. Analisis data
Analisa data di lakukan estela semua data terkumpul melalui beberapa tahap dimulai dengan editing untuk memeriksa kelengkapan identitas dan data responden serta memastikan bahwa semua jawaban telah di isi, kemudian data yang sesuai di beri kode (coding) untuk memudahkan peneliti dalam melakukan tabulasi dan analisa data.
I. Pelaksanaan Penelitian
Setelah peneliti mendapat surat rekomendasi dari pendidikan, peneliti membawa surat rekomendasi ke puskesmas delitua. Setelah mendapat izin dari kepala puskesmas Delitua, peneliti diberi persetujuan pengambilan data di wilayah kerja puskesmas Delitua tersebut Tahun 2008.
BAB V
HASIL DAN PEMBAHASAN
1. Hasil
Setelah di lakukan penelitian mengenai Tingkat pengetahuan ibu tentang diare pada balita di wilayah kerja puskesmas Delitua tahun 2009 dengan menggunakan daftar kuesioner bagi orang tua yang mempunyai balita, dengan sampel sebanyak 20 orang dan hasil di sajikan dalam bentuk tabel berikut ini:
Tabel 1. Distribusi frekuensi responden berdasarkan usia ibu di wilayah kerja Puskesmas Delitua Tahun 2009.
NO Umur (Tahun) Jumlah Persentase
1 19 - 30 15 75 %
2 31 – 50 5 25 %
3 > 50 0 0 %
Total 20 100 %
Berdasarkan tabel diatas, mayoritas responden berusia 19 – 30 tahun ( 75 % ).
Tabel 2. Distribusi frekuensi responden berdasarkan pendidikan ibu di wilayah kerja Puskesmas Delitua Tahun 2009.
NO Pendidikan Jumlah Persentase
1 SD 2 10 %
2 SLTP 4 20 %
3 SLTA 13 65 %
4 DIPLOMA 0 0
5 SARJANA 1 5 %
Total 20 100 %
Berdasarkan tabel diatas, mayoritas responden berpendidikan SLTA ( 65 % ).
Tabel 3. Distribusi frekuensi responden berdasarkan pekerjaan ibu di wilayah kerja Puskesmas Delitua Tahun 2009.
NO Pekerjaan Jumlah Persentase ( % )
1 IRT 12 60 %
2 PNS 1 5 %
3 Dan lain-lain 7 35 %
Total 20 100 %
Berdasarkan tabel diatas, mayoritas pekerjaan responden IRT( 60 % ).
Tabel 4. Distribusi frekuensiTingkat pengetahuan ibu tentang diare pada balita di wilayah kerja Puskesmas Delitua Tahun 2009.
NO Tingkat pengetahuan F Presentase
1 Sangat baik 1 5 %
2 Baik 10 50 %
3 Cukup baik 6 30 %
4 Kurang baik 3 15 %
Total 20 100 %
2. Pembahasan
Hasil penelitian Tingkat pengetahuan ibu tentang diare berdasarkan tabel di atas di dapatkan sebagian besar ibu yang punya tingkat pengetahuan yang sangat baik yaitu sebesar (5%), dan hanya setengah ibu yang mempunyai tingkat pengetahuan Baik yaitu sebesar (50%), hanya sebagian ibu yang mempunyai tingkat pengetahuan cukup baik yaitu sebesar (30%), sedangka ibu yang mempunyai tingkat pengetahuan kurang sebesar baik yaitu sebesar (15%). Pengetahuan yang kurang bisa mengakibabkan oleh berbagai faktor yang kompleks dan saling mempengaruhi.
Faktor-faktor yang bisa mempengaruhi pengetahuan ibu tentang diare adalah faktor lingkungan, makanan, infeksi dan fsikologis, dan pengalaman si ibu yang tidak mendukung (Ngastyah 2003). Menurut Sarwono (1997) Pengetahuan dapat di pengaruhi oleh pendidikan, pekerjaan, umur, ekonomi, sosial budaya dan politik.
Pengetahuan bisa juga di pengaruhi oleh karakteristik yang meliputi jenis kelamin, umur, pendidikan, dan sosial ekonomi.
Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kurangnya pengetahuan ibu tentang diare pada balita dalam lingkungan antara lain kurangnya informasi dari tenaga kesehatan kepada ibu, kurang jelasnya informasi yang di sampaikan oleh tenaga kesehatan kepada ibu, kurangnya kemampuan dari ibu untuk memahami informasi yang di berikan (Notoadmojo, 2003).
Pengetahuan merupakan faktor yang penting untuk terbentuknya prilaku seseorang, karena dari pengalaman dan penelitian terbukti bahwa prilaku yang di dasari pengetahuan akan lebih lenggang dari prilaku yang tidak di dasari oleh pengetahuan (Notoadmojo, 2003). Dengan meningkatnya pengetahuan ibu tentang stimulasi di harapkan akan terjadi perubahan perilaku ke arah yang mendukung kesehatan.
BAB VI
KESIMPULAN DAN SARAN
1. KESIMPULAN
Kesimpulan yang di buat adalah:
1. Mayoritas responden berpendidikan SLTA Sebayak 13 Responden ( 65 % )
2. Mayoritas responden pada umur 19-30 Tahun Sebayak 15 Responden ( 75 % )
3. Mayoritas responden bekerja sebagai IRT Sebayak 12 Responden ( 60 % ).
4. Mayoritas responden pada tingkat pengetahuan ibu adalah Baik Sebayak 10 Responden ( 50 % ).
2. SARAN
1. Kepada Ibu yang memiliki anak Balita usia 1-5 tahun, agar lebih memperhatikan pertumbuhan dan perkembangan balitanya. Serta memberikan perlindungan , pelayanan kesehatan, dan makanan yang sehat yang layak diterima oleh anak balita.Agar anak balita tumbuh kembang menjadi anak yang sehat dan terbebas dari semua penyakit.
2. Bagi pihak puskesmas
1. Bagi pihak puskesmas agar dapat menyampaikan informasi / penyuluhan terhadap Ibu mengenai bagaimana makanan yang sehat dan lingkungan yang sehat itu perlu untuk kita semua dan Sangat berpengaruh pada anak-anaknya apabila hal tersebut tidak kita jalankan dengan baik.
2. Diharapkan puskesmas dapat memberi pelayanan yang cukup akurat.
hai keren kali komentar kamu
BalasHapustolong buat daftar pustakanya, biar tahu kami ne, dari mana sumber bukunya ok.
BalasHapusmaksih atas tulisannya, tolong cantumkanlah daftar pustakanya..ato bisa ga dikirim ke email saya ;zanrison@gmail.com thanks
BalasHapustolong buat daftar pustaka tulisannya ok
BalasHapusminta kerangka konsepnya.alamtkan ke ephinet@rocketmail.com
BalasHapusboleh minta contoh pertanyaan isntrumennya ga??? tolong alamatkan ke light.of_heaven@yahoo.com
BalasHapusdaftar pustakanya mana ?????
BalasHapusinstrumennya dong,, please,,, ge butuh banget neh. tolong kirim ke email aku ya iyulianadewi@yahoo.co.id
BalasHapusthx b4
minta daftar pustakanya dunk mas.....
BalasHapusmas minta daftar pustakanya dunk....tlg dialamatkan dwi89_imoet@yahoo.co.id.thx sebelume
BalasHapusmas yang baek,,bisa ga kirimin contoh kuesionerx,,butuh baged nh..cuman mw di liat aj ko sbagai patokan/acuan...
BalasHapuskirim ke tashi_girls@yahoo.com
thanks yo...
insyaallah kebaikan mas akan di balas oleh allah dgn setimpal am kebaikan mas
aminnnn....
Boleh minta contoh instrumennya nga? sebelum n sesudahnya thanks....
BalasHapusMinta contoh kuesionernya dong
BalasHapusPlease
T.T
Kirimin ke kancutt.lumbalumba@yahoo.com
Makasi
Minta contoh kuesionernya dong
BalasHapusPlease
T.T
Kirimin ke kancutt.lumbalumba@yahoo.com
Makasi
Minta contoh kuesionernya dong
BalasHapusPlease
T.T
Kirimin ke kancutt.lumbalumba@yahoo.com
Makasi
mas tolong di kirim daftar pustakanya
BalasHapuswuah kebetulan aq jg lg bikin penelitian tentang pengetahuan sikap dan perilaku ibu tentang diare.
BalasHapussudah mengambil data,,
sekarang tinggal statistik yg jadi masalah karena memang saya tidak bisa statistik...
kalau boleh saya minta contoh hasil dan pembahasan dari penelitian mba...
karena bisa sangat membantu....
oiya kalau boleh saya minta daftar pustaka dari teori yg tentang diarenya mba...
mungkin bisa menjadi tambahan untuk saya...
bisa di kirim via email ke
nurie_purpleholic@yahoo.com
terimakasihh
Boleh minta contoh kuisioner tidak???
BalasHapussama daftar pustaka kalau bisa....
nurie_purpleholic@yahoo.com
bisa minta dapus dan contoh kuesionernya ga bang?
BalasHapustolong kirimin ya bang,
kirimin ke dmsiregar88@yahoo.com
makasih sblmnya bang
ditunggu bang ^^V
malam...
BalasHapusbisa minta dapus dr teori yg diambil ga??
dan contoh quisionerny untuk mndapatkan datany??tlong dunk kirim ke nps.iten@yahoo.com
makasih :)
mas kebetulan saya lagi buat skrisi tentang diare juga bisa gak mas tolong kirim kan,data pustaka,,,,dan contoh kuesoner,,,sebagai acuanya..kirikan lewat ..imeeel:hendri_ery@yahoo.co.id,,,tlg ya mas prlubagat......ohya mas penulisan sikripsi na oke bagate
BalasHapusbisa minta daftar pustaka nya ga??sama contoh kuisionernya tuk jadi tambahan..
BalasHapustlong dikirimya..mhon bantuannya..
kirim ke nps.iten@yahoo.com
makasii :)
bisa mnta daftar pustakany ga??tuk tambahan referensi...sama contoh kuisionernya.
BalasHapusmohon bantuannya ya..
kirimin ke nps.iten@yahoo.com
makasii :)
ass...salam sejahterah......
BalasHapusmateri y bagus...tp lbh bagus lg klo di tambah Dapus y.mksh... (u_chon@ymail.com)
minta daftar pustakanya mas..
BalasHapusAbl_Sna@yahoo.com
askum,,,,
BalasHapussetelah saya baca materi'y lengkap, lebih lengkap lagi kalo da daftar pustaka'y.
tolong tulis daftar pustaka, kirim ke....
aeni_mei2@yahoo.co.id
mksh.......
tolong kasi tw dftr pustaka n contoh kuisionernya dunk..
BalasHapussend ke yogadama@yahoo.com
thanks
trimaksih dengan data ini pengetahuan aku bertambah unut peneelitian ini ..... klu bisa lebih mendalam lagi ....
BalasHapuskeren lengkap bnget tp knapa tdak dicantumkan dftar pustakanya,,,,???
BalasHapusaq rasa tu lbih bgus jka dicantumkan agar pmbaca tau dari mna sumbernya didpat....